Home » » Siapakah Para Penghuni Surga

Siapakah Para Penghuni Surga

Untuk tema kali ini membahas tentang siapakah para penghuni surga?. apakah kita termasuk? untuk lebih jelasnya kita bahas bersama - sama. Semoga bisa memicu untuk memotivasi menjalankan perintahnya dan menjauhi semua laranganya 
Siapakah Para penghuni surga?. "Dan orang - orang yang beriman dan beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya". (QS Al-Baqarah)



Para calon penghuni surga mengikuti uraian Al-Qur'an adalah orang - orang yang tak larut dalam kenikmatan semu dunia.
"Setiap yang berjiwa akan merasakan mati, dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahala kalian. barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukan ke dalam surga, sungguh dia telah beruntung, kehidupan dunia itu tak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan" ( QS. Al-Imaan 185 )

Orang - orang mukminlah yang tak terpedaya kehidupan dunia. Mereka sadar bahwa kesenangan dunia tak lebih dari kesenangan yang memperdayakan, karena bagaimanapun kehidupan hanyalah permainan penuh tipu daya, sehingga mereka sungguh - sungguh berusaha menghindari kesenangan duniawi aga bisa dekat dengan Allah.

"Allah menjanjikan kepada orang - orang mukmin, lelaki dan perempuan surga yang dibawahnya mengalir sungai - sungai, mereka kekal di dalamnya dan tempat -  tempat yang bagus di surga. dan keridhaan Allah adalah lebih besar, itulah keberuntungan yang besar" ( QS Taubah 71 )

Lalu bagaimana orang - orang mukmin itu masuk ke dalam surga? Menurut Al-Qur'an, mereka masuk surga sendiri - sendiri tetapi ada juga yang berombongan. Tentang orang - orang yang masuk surga secara berombongan, inilah penjelan Al-Qur'an.

"Dikatakan kepada mereka, masuklah pintu - pintu neraka jahanam itu, sedangkan kalian kekal di dalamnya. Neraka jahanam itulah seburuk - buruk tempat bagi orang - orang yang menyombongkan diri. Dan orang - orang yang bertaqwa kepada Allah di bwaha ke dalam surga berombong -rombongan. sehingga apabila mereka sampai ke surga iu sedangkan pintu pintunya telah terbuka, berkatalah kepada mereka penjaga - penjaganya : kesejahteraan untuk kalian. Berbahagialah kalian!. Maka masuklah surga ini, sedangkan kalian kekal di dalamnya" ( QS Az Zumar 71-73 )

dalam hadis - hadis sahih diuraikan, orang - orang yang mukmin berkumpul di suatu tempat pada hari kiamat. Mereka menunggu sangat lama di tempat persinggahan sementara itu, lalu mereka memohon kepada para nabi agar segera membukakan pintu surga, tetapi semua nabi menolak karena mereka tak punya kuasa untuk itu. Akhirnya orang - orang mukmin menemani Nabi Muhammad dan hanya beliaulah yang sanggup memberi pertolongan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu....

0 komentar:

Poskan Komentar

« »
« »
« »