Home » » Reticular Activating System

Reticular Activating System

Untuk tema kali ini kita sama - sama membahas tentang RAS, agar pikiran kita lebih terarah atau lebih fokus dalam bertindak untuk meraih kesuksesan.
Reticular Activating System ( RAS ) selain berfungsi sebagai pintu gerbang yang menghubungkan pikiran sadar dan bawah sadar, mempunyai tiga fungsi utama, yaitu : 

  1. Menetukan apa yang menjadi fokus perhatian
  2. Menentukan seberapa besar tingkat intensitas perhatian
  3. Berapa lama perhatian itu diberikan
Untuk lebih memahami cara kerja RAS, kita gunakan contoh radio. Apa yang sobat lakukan apabila sobat ingin mendengarkan siaran suatu pemancar radio? pasti langkah awalnya adalah sobat harus punya radio. Jika tidak, bagaimana sobat dapat mendengar siaran. Langkah kedua adalah sobat menyalahkan dan memutar tuner untuk mencari frekuensi yang sobat inginkan. Setelah radio menangkap frekuensi yang sobat inginkan, lalu keluarlah suara, selanjutnya untuk dapat lebih jelas mendengar suara penyiar atau lagu yang dimainkan pada saat itu, sobat akan membesarkan volume suara radio. 
Jadi untuk ringkasnya yang sobat lakukan adalah :
  1. Memutuskan siaran mana yang ingin sobat dengar, setelah mendapatkan frekuensi yang di inginkan 
  2. Membesarkan volume suara 
  3. Menyediakan waktu tertentu untuk mendengarkan siaran itu.
Pernahkah sobat mengalami hal seperti ini?. Sobat baru saja membeli Hand Phone mereknya Nokia C3. Begitu  sobat menggunakan HP baru, sobat tiba - tiba saja melihat semua orang menggunakan HP Nokia seri C3 apa yang terjadi?. Oleh karena HP baru ini sangat penting sekali bagi sobat, maka RAS sobat langsung terpicu aktif. Pada saat itu perhatian sobat secara otomatis mengarah pada HP Nokia C3, sobat pasti mengalami hal ini selama beberapa hari, sampai akhirnya keadaan menjadi lebih normal.

Atau mungkin sobat baru saja membeli mobil kijang warna hitam, tiba - tiba di jalan raya sobat melihat begitu banyak mobil kijang warna hitam. Padahal sebelumnya sobat tidak melihat sedemikian banyak mobil kijang, apa yang terjadi?. Ini semua karena kerja RAS.

Semoga motivasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu....

0 komentar:

Posting Komentar


resize...resize
picasion picasion picasion resize picasion picasion resize
http://picasion.com/