Home » » Definisi Harga Diri Dan Citra Diri

Definisi Harga Diri Dan Citra Diri

Kita sekarang membahas tentang Harga Diri atau Self Esteem. Apa  itu harga diri? harga diri merupakan komponen yang bersifat emosional dan merupakan komponen mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan sikap dan kepribadian kita. Harga diri merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan hidup.


Harga diri di definisikan sebagai kecenderungan dalam diri seseorang dalam memandang dirinya sebagai pribadi yang cakap, mampu dan memiliki kesungguhan serta kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang mendasar. Orang dengan harga diri yang baik akan merasa dirinya sebagai mahluk berharga dan layak untuk sukses dan hidup bahagia.

Untuk mudahnya, harga diri kita di definisikan sebagai seberapa suka sobat terhadap diri sobat sendiri. Semakin sobat menyukai diri sendiri, menerima diri dan hormat pada diri sobat sendiri sebagai seorang yang berharga dan bermakna, maka semakin tinggi harga diri sobat, semakin merasa sebagai manusia yang berharga. Maka sobat akan semakin positif dan bahagia.

Harga diri sobat akan menentukan semangat yang tinggi, antusias dan motivasi diri. Harga diri sobat adalah penentu prestasi dan kesuksesan sobat. Orang dengan harga diri yang tinggi memiliki kekuatan pribadi yang luar biasa besar dan akan berhasil melakukan apa saja di dalam hidupnya.

Satu hal yang harus di ingat adalah harga diri di bangun dengan melakukan suatu tindakan.  Sobat tidak mungkin dapat memiliki harga diri yang tinggi hanya dengan berangan - angan, hanya dengan membayangkan, hanya dengan berbicara atau hanya dengan keinginan. Harus dengan tindakan nyata.

Harga diri merupakan hasil perbandingan antara diri Ideal dan Citra Diri. apabila citra diri sobat sejalan atau mendekati diri ideal sobat, harga diri sobat akan tinggi, apabila citra diri sobat tidak sejalan. atau bahkan sangat jauh di bandingkan dengan diri ideal sobat, harga diri sobat akan rendah.

Jadi diri yang ideal adalah orang yang sangat ingin menjadi pada suatu waktu di masa depan. Diri yang ideal menentukan arah hidup pertumbuhan dan evolusi diri sobat. Citra diri adalah cara sobat melihat diri sendiri dan menentukan prestasi sobat pada masa mendatang. Harga diri sobat ditentukan oleh hubungan antara diri ideal dan citra diri sobat. Sobat atau cara sobat melakukan kegitan sehari - hari dibandingkan dengan cara sobat apabila telah berhasil menjadi diri sobat yang ideal.  

Semoga tema tentang harga diri ini bisa memberikan manfaat dan motivasi juga semangat dalam menentukan sikap menjadi pribadi yang tangguh.


0 komentar:

Posting Komentar


resize...resize
picasion picasion picasion resize picasion picasion resize
http://picasion.com/