Home » » Cara Mengembangkan Persepsi Yang Positif

Cara Mengembangkan Persepsi Yang Positif

Bahasan kali ini yaitu mengenai persepsi atau suatu pandangan.  Karena persepsi merupakan peran penting dalam menganalisis suatu kejadian melibatkan pola pikir kita.
Mengubah pikiran sebenarnya mudah, kuncinya terletak pada persepsi. Lalu apa itu persepsi? Persepsi adalah apa yang dapat kita "lihat" dengan mata pikiran kita. Persepsi kita dibatasi oleh pengalaman dan imajinasi yang kita miliki. Pengembangan persepsi merupakan kunci untuk mampu berpikir lebih baik. 


Contoh persepsi :
Setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda  bahkan untuk kejadian atau situasi yang sama. Kita harus dapat menerima hal ini, terima hal ini sebagaimana adanya. Dari pada membiarkan hal ini menjadi suatu sumber rasa frustasi, seperti yang selama ini terjadi, kita dapat belajar bagaimana menggunakan perbedaan ini untuk dapat memberikan manfaat bagi kita maupun orang lain. Begitu juga untuk memotivasi diri dalam mengembangkan persepsi kita.

segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tidak mempunyai makna, semuanya bersifat netral. Pikiran sadar akan menggunakan kemampuan persepsinya untuk memberikan arti atau makna pada setiap kejadian, makna yang diberikan dapat positip atau negatif.

Jika pikiran kita sempit ( persepsi yang terbatas ) kita akan melihat lebih sedikit. Pikiran yang terbuka ( persepsi yang luas ) membuat kita mampu melihat lebih banyak atau makro. Persepsi kita menentukan jumlah pilihan yang ada dalam ruang pandang kita.

Jadi kunci perubahan terletak pada persepsi, bagaimana caranya kita meningkatkan persepsi kita? sebenarnya hal ini tidak sulit, kuncinya terletak pada kemauan sobat untuk berubah. Kemauan ini muncul karena sobat melihat harapan perubahan dengan mengembangkan persepsi. Harapan muncul jika kita secara sadar mampu melihat segala sesuatu secara netral, apa adanya. Jadi kuncinya sekarang terletak pada kesadaran. Setiap perubahan di awali dengan peningkatan kesadaran

Mungkin sobat pernah mengalami hal seperti ini "Saya benar - benar mau merubah, tapi entah mengapa saya merasa sulit sekali untuk berubah. Rasanya ada sesuatu di dalam diri saya yang menolak setiap tindakan yang mengarah pada perubahan". Ini merupakan ada sinyal yang sangat bagus, karena sobat  kini sadar bahwa sobat mau berubah dan sobat tahu bahwa ada bagian dari diri sobat yang menolak upaya perubahan ini.  

Semoga motivasi ini bisa memberikan manfaat dan makna bagi kita, dan salam sukses selalu..


0 komentar:

Posting Komentar


resize...resize
picasion picasion picasion resize picasion picasion resize
http://picasion.com/